Twitter

Kopi Terbaik Sumatera

Author Unknown - -
Home » » Kopi Terbaik Sumatera


Biji Kopi. Jika para pecinta kopi berkeliling Pulau Sumatra maka akan banyak berkenalan dengan produk kopi hasil olahan pabrik atau Industri Rumahan yang beredar di tiap daerah kunjungan. Petualangan tersebut akan membawa kita pada sebuah pengalaman unik nan mempesona. “Beda ladang, beda pula belalangnya” itulah analogi yang saya gunakan dalam menyaksikan aneka cita rasa kopi dan budaya masyarakat dari berbagai daerah di Sumatra. Hal ini karena setiap daerah memiliki perbedaan iklim, tanah, cuaca dan kelembaban, sehingga dapat memengaruhi rasa kopi dan bukan hanya itu, faktor geografis dan Iklim tersebut juga akan mempengaruhi cara hidup masyarakat setempat. Berbagai perbedaan dan keunikan akan kita jumpai pada masyarakat saat menyaksikan bagaimana mereka penyikapi atau merespon keberadaan kopi didaerah mereka. Orang-orang dari daerah yang satu dengan daerah lain akan memiliki sikap dan pandangan berbeda tentang “Kopi”.
Berbicara mengenai “Kopi terbaik Sumatera” maka akan membawa kita mengarah pada pembahasan tentang “Kopi terbaik Indonesia”, itu karena memang sebagian besar kopi terbaik di Indonesia diambil dari berbagai daerah di Sumatera selain dari Sulawesi dan daerah lainnya di Indonesia. Karakter atau rasa yang umum dari kopi Sumatera salah satunya adalah aromanya yang earthy atau seperti bau tanah tersiram air hujan dan saat diseruput terasa aroma herbalnya. Berikut ini daerah-daerah penghasil Kopi Terbaik Sumatera :

Kopi Aceh

Kopi Aceh memang telah menjadi andalan Indonesia dalam hal produksi dan keunggulan mutu. Pasalnya Sekitar 40 persen biji kopi Arabica tingkat premium dari total panen kopi di Indonesia merupakan hasil produksi dari daerah Aceh. Produksi Perkebunan Rakyat di Aceh pada tahun 2010 mencapai 50.774 Ton. Produksi kopi di Indonesia setiap tahunnya rata-rata mencapai 600 ribu ton dan lebih dari 80 persen produksi biji kopi tersebut berasal dari seluruh perkebunan rakyat di Indonesia.

Kopi Sidikalang – Sumatera Utara

Kopi sidikalang sudah terkenal akan cita rasanya yang mantap, bahkan bukan hanya didalam negeri tetapi sampai ke luar negeri. Salah satu pesaing kenikmatan kopi Sidikalang adalah kopi brazil, yaitu salah satu kopi terbaik di dunia. Sidikalang adalah ibukota Kabupaten Dairi, terletak di daerah pegunungan nan sejuk. Menurut para ahli kopi, kekhasan Kopi Sidikalang didapat dari kombinasi hawa dingin dan jenis tanah di kawasan Bukit Barisan dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Di Sumatera Utara terdapat tiga daerah penghasil kopi terbaik yaitu Lintongnihuta, Mandailing, dan Sidikalang.

Kopi Lampung

Kopi Lampung cukup pantas dikategorikan sebagai salah satu kopi terbaik Indonesia karena keistimewaan aroma dan rasanya yang khas. Jenis kopi yang dibudidayakan oleh kebanyakan petani kopi di daerah lampung adalah jenis Kopi Robusta. Sebagian besar perkebunan kopi Lampung di dataran tinggi Lampung merupakan perkebunan rakyat yang terpusat di daerah Lampung Tengah, Lampung Barat dan daerah Tanggamus.