Twitter

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wanita

Author Unknown - -
Home » Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wanita


Manfaat Kopi Bagi WanitaKopi memang telah menjadi minuman terbanyak setelah air putih yang di konsumsi oleh manusia di bumi ini. Ada banyak alasan kenapa orang suka minum kopi, mungkin karena kenikmatan rasa dan aromanya atau mungkin juga karena manfaat kopi bagi kesehatan atau karena kedua-duanya. Sebagian besar pecinta kopi di dunia adalah kaum laki-laki walau  tak sedikit pula kaum perempuan yang tak rela melewati pagi tanpa segelas kopi. Begitu tersohornya minuman kopi, mendorong para ilmuan dunia untuk meneliti dan mengkaji segala hal tentang kopi terutama mengenai manfaat kopi bagi kesehatan manusia. Beberapa peneliti juga menemukan bahwa adanya beberapa perbedaan reaksi dan manfaat kopi terhadap tubuh manusia menurut usia dan jenis kelamin ( Pria / Wanita ). Pada posting saya berikut ini akan membahas beberapa manfaat kopi bagi kesehatan wanita pada umumnya. Poin-poin penting mengenai “Manfaat kopi bagi kesehatan wanita”  ini saya kutip dari berbagai sumber yang focus terhadap penemuan para ilmuan dibidang  kopi. Para ilmuan akan terus melakukan penelitian sehingga hasil penelitian ini mungkin bersifat sementara dan bisa saja berubah dikemudian hari.

  1. Minum kopi dapat mengatasi stress pada Wanita.  Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Social Psychology, dalam situasi stress wanita yang minum kopi ber-kafein mampu tampil lebih baik dibandingkan pria. Studi yang dipimpin oleh Dr Lindsay St Claire dari Universitas Bristol ini melakukan pengujian mengenai, apakah mengkonsumsi kafein dapat memperparah stres (mengganggu kinerja) atau sebaliknya. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 64 orang partisipan yang terdiri dari pria dan wanita yang berusia rata-rata 22 tahun. Dalam studi ini, mereka diminta menyelesaikan berbagai teka-teki, kolaborasi tugas memori dan negosiasi dengan pasangan sesama jenis setelah minum kopi berkafein dan kopi tanpa kafein. Setelah minum kopi berkafein, ternyata kemampuan wanita dalam memecahkan teka-teki 100 detik lebih cepat dibandingkan pria. Jadi kesimpulannya kopi berkafein dapat lebih berpengaruh pada wanita dari pada pria dalam mengatasi stress namun hanya untuk kopi berkafein.
  2. Kopi bermanfaat cegah kangker kulit Karsnimoa Sel Basal (Basal Cell Carcinoma/BCC) pada wanita. Mengacu pada hasil penelitian study yang dipresentasikan pada konferensi American Association for Cancer Research International ke 10 di Boston – Amerika Serikat, Wanita yang minum kopi lebih dari tiga cangkir setiap hari memiliki risiko 20% lebih rendah terkena Karsnimoa Sel Basal (Basal Cell Carcinoma/BCC), dibandingkan dengan wanita yang minum kopi satu cangkir dalam sebulan. Data yang dipakai dalam penelitian ini diambil dari Nurse’s Health Study yang mengikuti 72.921 orang partisipan sejak tahun 1984 -2008 dan Health Professionals Follow-Up Study yang melibatkan 39.976 orang partisipan sejak 1986 – 2008. Karsnimoa Sel Basal pada umumnya disebabkan oleh sinar lampu ultraviolet atau sinar ultraviolet matahari yang diterima berlebihan dan secara berulang-ulang. Karsnioma sel basal biasanya timbul pada kulit yang tidak terlindungi. Biasanya tumbuh terlokalisasi dan jarang menyebar. Pada pelitian yang dilakukan selama bertahun-tahun ini ditemukan juga bahwa manfaat dari minum kopi tidak terlihat pada dua tipe kanker kulit, yaitu squamous cell carcinoma dan melanoma juga tidak terlihat pada  peminum kopi berjenis kelamin laki-laki.
  3. Kopi bermanfaat meminimalisir resiko terkena serangan jantung dan stroke bagi wanita. Hal tersebut dibuktikan pada suatu studi yang melibatkan lebih dari 83000 wanita dengan usia 24 tahun lebih yang meminum 2-3 cangkir kopi/hari. Hasilnya menunjukan bahwa wanita-wanita yang mengkonsumsi kopi setiap hari memiliki resiko 19% lebih rendah daripada yang tidak mengonsumsi kopi. Pakar nutrisi University of Toronto – Kanada bernama El-Sohemy PhD. menyatakan bahwa kafein dapat memicu peningkatan tekanan darah yang bersifat sementara, sehingga mereka yang tidak biasa mengonsumsi kopi akan mendapatkan gelombang kenaikan yang berbahaya bagi jantung”. pada orang-orang yang tidak teratur meminum kopi, meminum kopi akan menyebabkan sentakan kafein pada sistem (kardiovaskuler). Pada penelitian sebelumnya yang diterbitkan pada Journal of American Medical Association (Maret, 2006), El-Sohemy juga mengatakan bahwa ada orang-orang tertentu memiliki variasi genetik yang menyebabkan metabolisme kafein lebih lambat, sehingga dampaknya adalah pada peningkatan resiko serangan jantung setelah minum kopi. Sedangkan pada mereka yang memiliki metabolisme kafein cepat, kopi justru bermanfaat bagi kesehatan jantung. Pada kasus-kasus tertentu, kopi memang dapat memicu serangan jantung dalam waktu satu jam setelah meminumnya. Mengacu pada pernyataan El-Sohemy, bahwa kafein dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah jangka pendek dan aktivitas saraf simpatik yang bisa memicu serangan jantung. Penelitian yang diterbitkan pada majalah Epidemiology (Sept, 2006) menunjukkan bahwa risiko serangan jantung akan meningkat empat kali lipat pada peminum kopi ringan yaitu mereka yang mengonsumsi 1cangkir kopi/ hari. Sedangkan peminum kopi berat atau mereka yang meminum empat cangkir atau lebih per hari cenderung memiliki resiko serangan jantung jauh lebih rendah.
  4. Kopi bermanfaat meminimalisir resiko terkena kanker Endometrium pada wanita. Hasil peneitian Universitas Harvard – AS selama 26 tahun ini dilakukan terhadap 67.420 wanita  yang  berusia rata-rata (kini) 34- 59 tahun. penelitian tentang korelasi antara penyakit kanker Endometrium yang kerap menghinggapi organ intim wanita dengan kebiasaan mereka meminum kopi ternyata sangat mengengejutkan. Para peneliti mendapati bahwa wanita yang minum kopi sebanyak 4 kali dalam sehari memiliki resiko 25% lebih rendah terkena kanker Endometrium, dibanding wanita yang hanya minum kopi 2 cangkir sehari. Edward Giovannuci, MD seorang pofesor Gizi dan Epidemiologi dari Universitas Harvard yang menjadi ketua tim penelitian di atas menyebutkan bahwa “Sering minum kopi lebih banyak membawa manfaat daripada berbhaya bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah menurunnya resiko bahaya terhadap kanker”. Para peneliti juga menemukan bukti bahwa ternyata Kopi lebih bermanfaat mengurangi resiko kanker dibanding Teh Hijau, ini karena kopi memiliki tingkat Oksidan lebih baik dibanding dengan Teh Hijau.
  5. Kopi ternyata juga sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit Perempuan. Dibalik aroma dan rasanya yang nikmat, kopi memiliki kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Disamping itu, aromanya khas kopi yang menyegarkan juga dapat memberi efek relaksasi bagi anda. Menurut Lisa Kasanicky (beauty editor Arizonaspa.com) bahwa bubuk kopi merupakan eksfoliator natural, pembersih kulit, sekaligus deodoran sehingga mampu menghilangkan aroma tak sedap pada tubuh. Biasanya perawatan kecantikan dengan menggunakan kopi dilakukan dengan menggunakan bubuk kopi sebagai scrub pada tubuh. Selain untuk scrub, kopi juga bermanfaat sebagai masker yang berfungsi mengembalikan kelembaban dan kesegaran wajah. Disarankan untuk menggunakan minyak zaitun sebagai penenng setelah anda melakukan scrubing.
    Semoga Artikel mengenai “Manfaat kopi bagi kesehatan wanita”  ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi saudara.

One Response so far.