Twitter

Macam-Macam Kopi Dari Cara Penyajian

Author Unknown - -
Home » Macam-Macam Kopi Dari Cara Penyajian


Indonesia sangat terkenal dengan kopi tubruk, kopi yang diseduh dengan air mendidih. Ada juga jenis kopi yang penyajiannya dicelup dengan arang, lazim disebut kopi jos atau kopi arang. Orang indonesia juga biasa mengkonsumsi kopi dicampur dengan susu dan rasanya sungguh lezat.
Berikut ini adalah beberapa teknik penyajian yang diadopsi dari luar negeri, terutama Italia yang sangat terkenal sebagai negara penikmat kopi.

EspressoBiasa di sebut normale di Italia dan adalah jenis kopi yang paling populer. Merupakan air kopi murni dengan warna hitam dan kental, dan menjadi dasar pembuatan banyak jenis kopi lain. Disajikan dalam sepertiga atau kurang dari setengah cangkir kecil. Biasa diminum dengan atau tanpa gula.
MachiatoAsal katanya berarti ternodai. Merupakan Espresso yang dicampurkan dengan sedikit susu atau busa panas. Disajikan dengan sepertiga atau kurang dari setengah cangkir kecil. Kalau cangkirnya lebih besar namanya jadi Cappuccino.
Caffe LatteBahasa italianya kopi susu. Merupakan espresso yang ditambahkan dengan atau tiga kali takaran susu dari teko besar yang biasanya disediakan di bar.
CappuccinoMerupakan Espresso yang ditambahkan susu panas yang dibusakan. Muniman classic utnuk sarapan orang italia yang dipercaya lebih ‘berat’, komposisi terbaiknya terdiri dari sepertiga espresso, sepertiga susu panas dan sepertiga busa susu yang pekat. Disajikan dalam cangkir yang lebih besar dari susu cangkir espresso biasa. Biasanya diminum dengan gula.
MarachinoKonon kopi khas orang Maroko yang mempunyai banyak penggemar di Milan. Sebenarnya merupakan espresso ditambah busa susu panas dan taburan coklat diatasnya. Disajikan dalam cangkir kecil.